About my Blog
Blog ini berisi monolog-monolognya A.R.Juna. yang dipublikasikan di atas internet. Semoga dengan membaca blog ini dapat memberikan manfaat tersendiri bagi yang membacanya.

Minggu, 08 November 2009

Untuk Belajar Bahasa Jepang

Postingan kali ini memuat beberapa situs yang menurut saya akan membantu kita, atau setidaknya telah membantu saya dalam mempelajari bahasa Jepang selama ini.

The JLPT Study Page

Situs untuk membantu kita yang ingin belajar dengan tujuan mengikuti ujian Japanese Language Proficiency Test.Di situs ini terdapat bagian daftar kosakata, Kanji, dan beberapa kuis-kuis yang diambil dari soal-soal JLPT sebelumnya.Sampai saat artikel blog ini diterbitkan terdapat bahan belajar untuk JLPT level 4, 3, dan 2.

The Kanji Site

Situs ini merupakan situs yang membantu kita untuk belajar huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang yaitu Kana dan Kanji. Situs ini cukup memudahkan kita dalam belajar karena kita tinggal mengklik suatu huruf dan akan muncul keterangan di bagian sebelah kanan halaman. Dalam situs ini terdapat Kanji yang diperuntukkan untuk ujian JLPT level 4, 3, dan 2.

Untuk kedua situs diatas saya merekomendasikan untuk mengunduh keseluruhan isi situsnya untuk dijelajah secara offline, misalnya dengan menggunakan fitur site grabber-nya internet download manager.

JWPce

Merupakan situs tempat mengunduh perangkat lunak Japanese Word Processor, JWPce,
yang disebarluaskan secara gratis berdasarkan GNU General Public License. Peranti lunak ini dapat membuat kita bisa mengetik langsung huruf Kana dan Kanji dan tentu saja Romaji tanpa harus memasang IME Bahasa Jepang di Windows, dan bahkan di komputer yang tidak memasang font untuk Kanji tetap bisa menggunakan peranti lunak ini. Peranti lunak ini juga mempunyai fitur kamus Bahasa Jepang ⇔ Bahasa Inggris, sehingga sangat berguna sebagai alat bantu untuk mempelajari kosakata baru.

Wakan

Merupakan situs tempat mengunduh peranti lunak gratis Wakan, peranti lunak untuk membantu kita belajar Bahasa Cina dan Bahasa Jepang melalui fitur-fitur yang tersedia di dalamnya, seperti fitur flashcard Kanji dan Kamus Bahasa Cina ⇔ Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang ⇔ Bahasa Inggris.

Rikaichan

Merupakan situs tempat mengunduh rikaichan pengaya untuk peramban (browser) Firefox (untuk ekstensi Google Chrome klik disini). Merupakan Kamus Bahasa Jepang ⇔ Bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya, yang penggunaannya hanya tinggal menyorot kursor tetikus (mouse) ke atas kata Bahasa Jepang yang ingin kita ketahui artinya.

Bahasa merupakan media untuk berkomunikasi, oleh karena itu untuk benar-benar belajar suatu bahasa tentu kita harus menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Di internet banyak situs-situs jejaring sosial dimana banyak orang Jepang yang memiliki akun di situs-situs tersebut. Mungkin ketika kita sudah mulai ada dasar untuk berkomunikasi dalam bahasa Jepang setelah belajar beberapa saat, kita bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan mereka melalui media internet, misalnya www.lang-8.com.

0 komentar :

Posting Komentar