About my Blog
Blog ini berisi monolog-monolognya A.R.Juna. yang dipublikasikan di atas internet. Semoga dengan membaca blog ini dapat memberikan manfaat tersendiri bagi yang membacanya.

Rabu, 01 Desember 2010

Nama Profil di Facebook

Salah satu teman saya mengalami kasus ini. Ketika ingin login ke Facebook dia langsung dihadapkan oleh layar seperti di bawah ini.





Terjemahannya:

Nama dalam profil Facebook anda harus:
  • Nama asli anda
  • Memasukkan nama depan dan belakangmu, menggunakan karakter hanya dari satu bahasa
  • Tidak memasukkan simbol-simbol, angka-angka, kapitalisasi yang tidak normal (huruf besar kecil), atau tanda baca
Mohon tinjau kembali nama profil anda di bawah dan pastikan nama anda mengikuti petunjuk ini.


Nama Depan:
Nama Tengah (tidak wajib):
Nama Belakang:

Untuk memasukkan nama anda dalam bahasa kedua, anda bisa menggunakan bagian "alternate name" di "account settings" setelah ini.

Kesimpulannya, menurut saya, Facebook makin memperbaharui sistemnya agar penggunanya semakin merasa nyaman dalam bersosialisasi di dunia maya, agar lebih dapat mempertanggungjawabkan apa yang di unggah dan dikatakan di atas jaringan internet.  :-<

Berbeda topik sih tapi,
Di dunia maya memang kita sulit untuk mengetahui mana informasi yang benar atau salah, apalagi dalam forum-forum yang akun-akunnya menggunakan nama samaran sehingga tidak mudah untuk mengetahui siapa di balik pengguna akun seseorang. Keadaan tersebut dapat membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab merasa dapat menyebarkan informasi palsu atau mengadu domba di atas jaringan internet tanpa harus khawatir akan ketahuan dan menerima konsekuensi di dunia nyata.
Beda halnya apabila untuk memiliki sebuah akun di jaringan internet harus menggunakan identitas asli, dan semua informasi tentang pribadi sang pemilik dapat diketahui, apabila akun tersebut melakukan hal-hal yang tidak berkenan oleh pengguna jaringan internet lainnya, pemilik akun tersebut seharusnya akan lebih bertanggung jawab akan tindakannya di atas jaringan internet dan tidak bertindak seenaknya (tentu ada faktor-faktor lain).
Namun, tentu saja untuk memberikan informasi pribadi di atas internet kita harus mempertimbangkan faktor privasi di atas internet.
Sulit juga ya...

0 komentar :

Poskan Komentar