About my Blog
Blog ini berisi monolog-monolognya A.R.Juna. yang dipublikasikan di atas internet. Semoga dengan membaca blog ini dapat memberikan manfaat tersendiri bagi yang membacanya.

Rabu, 09 Maret 2011

Aturan Urutan Coretan Kanji Jepang

Aturan paling dasar dalam urutan coretan kanji adalah, kanji ditulis dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Aturan-aturan dasar lainnya adalah sebagai berikut.

1.       Coretan horizontal ditulis dari kiri ke kanan dan paralel. (Contoh: kanji "tiga")

Aturan ini juga berlaku untuk urutan komponen kanji. Misalnya dapat dibagi menjadi dua. Seluruh sisi kiri () ditulis sebelum sisi kanan ().

2.       Coretan vertikal ditulis dari atas ke bawah. (Contoh: kanji "sungai")

Ketika terdapat komponen atas dan bawah, komponen-komponen atas ditulis terlebih dahulu, kemudian komponen-komponen bawah, seperti pada (bintang) yang terdiri dari pada bagian atas dan pada bagian bawah.

3.       Ketika coretan menyilang satu sama lain, coretan-coretan horizontal ditulis sebelum coretan-coretan vertikal. (Contoh: kanji "sepuluh")

Pada standar Jepang coretan vertikal dapat mendahului coretan horizontal yang menyilang apabila coretan vertikalnya tidak melewati coretan horizontal terbawah.

4.       Tengah sebelum luar dalam karakter-karakter yang simetris secara vertikal (Contoh: kanji "air")

Dalam karakter yang simetris secara vertikal, komponen-komponen tengah ditulis sebelum komponen di kiri atau di kanan. Komponen di kiri ditulis sebelum komponen-komponen di kanan.

5.       Kerangka luar terlebih dahulu, tapi garis paling bawah terakhir, coretan Vertikal sebelah kiri ditulis pertama kali.(Contoh: kanji "matahari")

Kerangka luar penutup yang berada di bawah biasanya ditulis terakhir (Contoh: kanji "jalan")

6.       Coretan diagonal dari kanan ke kiri mendahului coretan diagonal dari kiri ke kanan. (Contoh: kanji "literatur")

Perhatikan bahwa ini untuk coretan-coretan diagonal yang simetris, untuk coretan-coretan diagonal yang asimetris, seperti pada , kiri ke kanan dapat mendahului kanan ke kiri, berdasarkan aturan lainnya.

7.       Coretan yang memotong bagian tengah kanji ditulis terakhir. (Contoh: kanji "perahu" yang memotong secara horizontal)

(Dan kanji "tengah" atau kanji "mobil" yang memotong secara vertikal).
 

8.       Ada tiga akhiran coretan yang berbeda: Stop, Stretch, dan Hook.

Seluruh kanji harus dalam ukuran yang seragam. Untuk menguasai kanji, fokus untuk belajar menulis kanji dengan urutan coretan yang benar dari awal. Sekali membuat kebiasaan jelek, akan sangat sulit untuk memperbaikinya nanti.

2 komentar :

Ririen mengatakan...

alhamdulillah..lahir juga tulisannya, baru turun gunung ya? bertapanya lama banget.. :))

A.R.Juna. mengatakan...

@Ririen,
hahaha, baru dapet energi buat nulis ampe selese posting, biasanya cuma ampe draft doang Rien, hehe :-P

Poskan Komentar